cover
Contact Name
Joy Elly Tulung
Contact Email
Joy Elly Tulung
Phone
-
Journal Mail Official
joy.tulung@unsrat.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota manado,
Sulawesi utara
INDONESIA
JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)
ISSN : 23563966     EISSN : 26212331     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2021): JMBI UNSRAT Volume 8 Nomor 2" : 18 Documents clear
ANALISIS KOMPARASI KINERJA KEUANGAN BERBASIS VARIASI STRUKTUR KEPEMILIKAN PERBANKAN DI INDONESIA Kamal, Sri Wahyuni Anggraini; Murni, Sri; Tulung, Joy Elly
JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). Vol 8, No 2 (2021): JMBI UNSRAT Volume 8 Nomor 2
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/jmbi.v8i2.32358

Abstract

Abstract: This research aims to analyze whether there are significant differences in the financial performance of the Bank by looking at variations of the ownership structure. Namely state-owned enterprise, national private bank, and foreign bank. In this study the authors focused on 12 banks that could represent the profile of existing banks in Indonesia. This type of research is a comparative test or comparison test conducted on the financial performance of banking companies based on their ownership structure. This study uses financial report data that has been published by the Financial Services Authority (OJK). This study used ANOVA analysis method. The results of this analysis indicate that there is no significant difference in the average between variations in ownership structure in the NPL, ROA, ROE, NIM and BOPO Ratio.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat perbedaan yang signifikan kinerja keuangan Bank dengan melihat variasi struktur kepemilikannya. Yakni Bank Milik Pemerintah, Bank Milik Swasta Nasional, dan Bank Milik Asing. Dalam penelitian ini penulis berfokus pada 12 Bank yang dapat mewakili profil perbankan yang ada di Indonesia. Jenis penelitian ini bersifat uji komparasi atau uji perbandingan yang dilakukan atas kinerja keuangan perusahaan perbankan berdasarkan struktur kepemilikannya. Penelitian ini menggunakan data laporan keuangan yang telah di publikasikan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Penelitian ini menggunakan metode analisa ANOVA. Hasil dari analisis ini menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan rata-rata antara variasi struktur kepemilikannya pada rasio NPL, ROA, ROE, NIM dan BOPO. Keywords: Bank Ownership Structure, NPL, ROA, ROE, NIM, BOPO
OPTIMALISASI PENATAAN DAN PENGUATAN ORGANISASI GUNA MENINGKATKAN KINERJA DALAM RANGKA MEWUJUDKAN REFORMASI BIROKRASI DI LINGKUNGAN TNI AL Kurnia Pasya, Ivan; Utomo, Wito Hadi; Mangaratua Sirait, Binsar
JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). Vol 8, No 2 (2021): JMBI UNSRAT Volume 8 Nomor 2
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/jmbi.v8i2.34284

Abstract

Penataan dan penguatan organisasi yang merupakan salah satu bagian dari Reformasi Birokrasi TNI AL memiliki beberapa permasalahan, diantaranya validasi organisasi perlu dioptimalkan, masih adanya tumpang tindih kewenangan antar Satuan kerja (Satker) dan penyusunan piranti lunak terkait penataan organisasi perlu dioptimalkan. Sasaran program bidang penataan dan penguatan organisasi adalah terwujudnya organisasi yang efektif dan profesional, menurunnya tumpang tindih tugas pokok dan fungsi serta meningkatnya kinerja sesuai tugas dan fungsi Satker/Balakpus/Kotama di lingkungan TNI.Kata Kunci: Optimalisasi Organisasi, Kinerja, Reformasi Birokrasi Organizational structuring and strengthening which is one part of the Navy's Bureaucratic Reform has several problems, including organizational validation that needs to be optimized, there is still overlapping authority between work units (Satker) and the preparation of software related to organizational structuring needs to be optimized. The program targets for organizational structuring and strengthening are the realization of an effective and professional organization, decreasing overlapping of main tasks and functions and increasing performance according to the tasks and functions of Satker/Balakpus/Kotama within the TNI. Key Word :   Organization Optimization,  Performance, Bureaucratic Reform
IMPLEMENTASI PENATAAN TATALAKSANA DALAM PENERAPAN MANAJEMEN SUMBER DAYA GUNA MEWUJUDKAN REFORMASI BIROKRASI DI LINGKUNGAN TNI ANGKATAN LAUT Supriyadi, Ahmad; Setyoko, Budi; Jumino, Jumino
JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). Vol 8, No 2 (2021): JMBI UNSRAT Volume 8 Nomor 2
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/jmbi.v8i2.34296

Abstract

Abstract: Bureaucratic reform is one of the government's efforts to achieve good governance, reform and fundamental changes to the system of government administration, especially regarding aspects of the institution (organization), management and human resources of the apparatus. Through bureaucratic reform, an effective and efficient government administration system is organized. Bureaucratic reform is the backbone in changing the life of the nation and state. Abstrak: Reformasi birokrasi merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mencapai good governance, melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan dan sumber daya manusia aparatur. Melalui reformasi birokrasi, dilakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintah yang efektif dan efisien. Reformasi birokrasi menjadi tulang punggung dalam perubahan kehidupan berbangsa dan bernegara. Keyword: Management,  Bureaucratic Reform, Indonesian Navy
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PASIEN KLINIK KESEHATAN KOPERASI KARYAWAN PLN BATAM Iswara, Bunga Divi; Rustam, Triana Ananda
JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). Vol 8, No 2 (2021): JMBI UNSRAT Volume 8 Nomor 2
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/jmbi.v8i2.35131

Abstract

Abstract: This research aimed to find out the effect of the facilities, service, and both of them simultaneously on patient loyalty at the health clinic of the State Electricity Company Batam cooperative. This study used a quantitative research design with a total population and sample was 148 patients who visited the Health Clinic of the State Electricity Company Batam City Employees Cooperative. The data analysis techniques applied in this study were the data quality test, classical assumption test, influence test, and hypothesis test which will be assisted by the application of SPSS version 25. This study found that: (1) The facility variable has a positive and significant impact on patient loyalty at the State Electricity Company Batam employee cooperative health clinic. The more complete the facilities provided meant that the loyal patients would check themselves, (2) The service variable has a positive and significant effect on patient loyalty at the State Electricity Company Batam employee cooperative health clinic. The greater the opportunity for service indicators, the patient would be loyal to visit or health control, and (3) The service and facility variables simultaneously affect patient loyalty significantly and positively at the State Electricity Company Batam employee cooperative health clinic. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas, pelayanan, dan keduanya secara simultan terhadap loyalitas pasien di poliklinik kesehatan koperasi PLN Batam. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi dan sampel sebanyak 148 pasien yang berkunjung ke Klinik Kesehatan Koperasi Pegawai Perusahaan Listrik Negara Kota Batam. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh, dan uji hipotesis yang akan dibantu dengan aplikasi SPSS versi 25. Penelitian ini menemukan bahwa: (1) Variabel fasilitas berpengaruh positif dan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien di poliklinik kesehatan koperasi pegawai PLN Batam. Semakin lengkap fasilitas yang diberikan berarti pasien yang setia akan memeriksakan diri, (2) Variabel pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien pada klinik kesehatan koperasi pegawai PT PLN Batam. Semakin besar peluang indikator pelayanan maka pasien akan loyal berkunjung atau kontrol kesehatan, dan (3) Variabel pelayanan dan fasilitas secara simultan berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas pasien pada klinik kesehatan koperasi pegawai PLN BatamKeywords:  Patient Loyalty , Service, Facilities, Health Clinic, Kopkar State Electricity Company Batam. 
PENGARUH BOARD CHARACTERISTICS PROPORSI WOMAN ON BOARD PADA KINERJA KEUANGAN Alamsyah, Fatimah; Madyan, Muhammad
JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). Vol 8, No 2 (2021): JMBI UNSRAT Volume 8 Nomor 2
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/jmbi.v8i2.34663

Abstract

Financial performance is the main benchmark in assessing whether or not performance in company can be measured through the financial performance each company. Measuring financial performance can be seen by two sides, from internal and external factors. According to IICG (Indonesian Institute of Corporate Governance) corporate governance is a process and structure that is applied in running company, with the aim of increasing value in the long term while it still paying attention to the interest of other stakeholder. Woman on board is a gender diversity that is included in the board diversity section. The presence of women at the top management level in Indonesia is still small. It is assumed that the competence and skill of men are better than women, so it called a reaction arises, namely overconfidence. Indonesia got the lowest results of all countries with a percentage only 5.4% where from this data it can be proven that the role of women on the board for the Indonesia state is still dominated by men in decision-making policies and corporate governance. This study uses 111 sample of basic and chemical industrial companies, miscellaneous industry, consumer goods, utility, infrastructure and transportation for the period 2015 -2017. Where the result of the study indicate that the influence of Board Female Proportions (BFP) has a negative and significant influence on the company’s financial performance.
OPTIMALISASI KEPEMIMPINAN NASIONAL/TNI DALAM PERCEPATAN PENANGANAN COVID-19 DAN PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL GUNA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DALAM RANGKA TERWUJUDNYA INDONESIA TANGGUH DITINJAU DARI PERSPEKTIF KEPEMIMPINAN STRATEGIS Widhi Cahyono, Anggit; Guyana, Daniel
JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). Vol 8, No 2 (2021): JMBI UNSRAT Volume 8 Nomor 2
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/jmbi.v8i2.34337

Abstract

AbstrakIndonesia saat ini, bahkan hampir seluruh negara di dunia secara global telah menghadapi Pandemi Covid-19 dan keterpurukan ekonomi sebagai salah satu bentuk tantangan terhadap dinamika kepemimpinan dalam perspektif kepemimpinan berbangsa dan bernegara. Dalam mewujudkan hal tersebut diperlukan suatu strategi pencarian solusi yang salah satunya melalui penguatan peran sentral kepemimpinan strategis.  Kepemimpinan strategis bertanggungjawab untuk menciptakan antara tuntutan lingkungan eksternal organisasi dengan visi, misi, strategi dan implementasi organisasi. Kepemimpinan strategis bersifat multifungsional, terutama melibatkan pengelolaan melalui orang lain, dan membantu organisasi untuk menghadapi perubahan yang tampaknya berkembang secara eksponensial dalam lingkungan global.  upaya mewujudkan peningkatan peran kepemimpinan strategis nasional/TNI dalam percepatan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional saat ini terdapat beberapa kendala diantaranya terbatasnya kemampuan perencanaan, terbatasnya kemampuan implementasi strategi serta terbatasnya kemampuan evaluasi. AbstracIndonesia today, even almost all countries in the world globally have faced the Covid-19 pandemic and economic downturn as a form of challenge to the dynamics of leadership in the perspective of national and state leadership. In realizing this, a solution-seeking strategy is needed, one of which is through strengthening the central role of strategic leadership. Strategic leadership is responsible for creating between the demands of the external environment of the organization with the vision, mission, strategy and implementation of the organization. Strategic leadership is multifunctional, primarily involving managing through other people, and helping organizations to cope with changes that appear to be growing exponentially in a global environment. In an effort to realize the increasing role of the national strategic leadership/TNI in accelerating the handling of Covid-19 and the current national economic recovery, there are several obstacles including limited planning capabilities, limited ability to implement strategies and limited evaluation capabilities.
PENGARUH PENGALAMAN BERBELANJA ONLINE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PELANGGAN (SEGMEN : MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS KRISTEN MARANATHA PELANGGAN SHOPEE DAN JD.ID) Kristiawan, Allen; Nursalin, Kezia Kurniawati; Gunawan, Ika; F.Yo, Jessica Agrippina
JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). Vol 8, No 2 (2021): JMBI UNSRAT Volume 8 Nomor 2
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/jmbi.v8i2.35107

Abstract

Abstract: Economic development becomes one of the references seen by various aspects of life. One of the things that can be seen clearly is the shifting economy with the emergence of e-commerce as a means of new business opportunities that exist. E-commerce started to reach more existing markets by using online technology assistance. In 2018 many businesses are trying to keep up with the change from local/micro enterprises by trying to use the technology base in their efforts. Many consumers feel the ease gained with the use of such technology than the traditional way or have to visit the outlets. Consumer perception itself can be formed from the experience gained and based on the achievement of the standards that exist in the consumer. This is achieved based on the experience of online sellers. Consumers with more experience have a tendency to shop continuously (Liang & Huang, 1998). While the significance level of consumer satisfaction that online shopping has been identified by Liu et al. in the year 2008. So it can be concluded that the satisfaction and the success of shopping will be achieved by consumers can raise the standard of expectations that exist in the consumer. Based on this, then the population taken for research is a consumer who has experience of transactions on Shopee and JD.id with a sample of research is a student who is in the Faculty of Economics of Maranatha Christian University who have experience transactions on Shoppe and JD.id. The research method uses simple regression with 379 respondents. It gained the results that the shopping experience had an impact of 37% and the remaining 63% were influenced by other factors Abstrak:  Perkembangan ekonomi menjadi salah satu acuan yang dilihat oleh berbagai aspek kehidupan yang ada. Salah satu hal yang dapat terlihat jelas adalah pergeseran perekonomian yang ada dengan munculnya e-commerce sebagai sarana peluang usaha baru yang ada.  E-commerce mulai dilirik karena menjangkau lebih banyak pasar yang ada dengan menggunakan bantuan teknologi secara online. Pada 2018 banyak usaha yang mencoba mengikuti perubahan tersebut dari usaha lokal / mikro dengan berusaha menggunakan basis teknologi tersebut pada usaha mereka. Banyak konsumen merasakan kemudahan yang didapatkan dengan penggunaan teknologi tersebut dibandingkan cara tradisional atau harus berkunjung pada gerai. Persepsi konsumen sendiri dapat terbentuk dari pengalaman yang didapatkan dan berdasarkan pencapaian standar yang ada pada diri konsumen. Hal ini didapatkan berdasarkan pengalaman dari penjual online. Konsumen yang memiliki pengalaman lebih banyak memiliki kecenderungan untuk berbelanja secara terus menerus (Liang & Huang, 1998). Sedangkan tingkat signifikansi dari kepuasan konsumen yang berbelanja online sudah diidentifikasi oleh Liu et al. pada tahun 2008. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kepuasan dan keberhasilan akan berbelanja yang didapatkan oleh konsumen dapat menaikkan standar harapan yang ada pada konsumen tersebut. Berdasarkan hal ini, maka diambil populasi untuk penelitian adalah konsumen yang memiliki pengalaman transaksi pada Shopee dan JD.id dengan sampel penelitian adalah mahasiswa yang berada di Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Maranatha yang memiliki pengalaman transaksi pada Shoppe dan JD.id. Metode penelitian menggunakan regresi sederhana dengan 379 responden. Didapatkan hasil bahwa pengalaman berbelanja memiliki pengaruh sebesar 37% dan sisanya sebesar 63% dipengaruhi faktor lain. Keywords: online shopping experience, customer purchase decision
ANTESEDEN TRUST DAN DAMPAKNYA TERHADAP INTENTION TO SHOP PADA APLIKASI SAYURBOX Sangkay, Revel; Sutanto, Sandy; Widiartanto, Sendy Aria; Bernarto, Innocentius
JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). Vol 8, No 2 (2021): JMBI UNSRAT Volume 8 Nomor 2
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/jmbi.v8i2.32360

Abstract

Abstract: The purpose of this study is to know the impact of trust on intention to shop in Sayurbox Application. Target population are consumers that have used Sayurbox Application. Total samples consists of 407 respondents. Data are collected using questionnaire. Sampling technique using convenience sampling method. Data are analyzed using Partial Least Square- Structural Equation Modeling (SEM) with Smartpls 3.0 software. The study results show that Perceived Effectiveness of Food Traceability Mechanism, application quality, food safety assurance, and vendor reputation have positive impact on trust. Trust has positive impact on intention to shop.  Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari trust terhadap intention to shop pada pengguna Aplikasi Sayurbox. Target populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah menggunaka Aplikasi Sayurbox. Sampel penelitian berjumlah 407 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode convenience sampling. Analisis data menggunakan metode Partial Least Square-Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software Smartpls 3.0. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa variabel Perceived Effectiveness of Food Traceability Mechanism, application quality, food safety assurance, dan vendor reputation berpengaruh positif terhadap trust. Variabel trust berpengaruh positif terhadap intention to shop. 
THE EFFECT OF CUSTOMER VALUE AND CUSTOMER EXPERIENCE ON REPURCHASE DECISIONS THROUGH CUSTOMER SATISFACTION ON GRAB ONLINE TRANSPORTATION (Survey of Grab Customers in Sleman Regency) Nurahman, Ikhsan
JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). Vol 8, No 2 (2021): JMBI UNSRAT Volume 8 Nomor 2
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/jmbi.v8i2.35039

Abstract

Abstract: The purpose of this study was to determine the direct influence of customer value and customer experience on repurchase decisions through customer satisfaction on online transportation Grab in Sleman. This type of research uses quantitative research with survey methods. The sample in this study is purposive sampling, namely the technique of determining the sample with certain considerations. Data collection in this study used a survey technique using a questionnaire. The results of the study include, customer value has a positive effect on repurchase decisions on Grab online transportation, customer experience has a positive effect on repurchase decisions on Grab online transportation, customer value has a positive effect on repurchase decisions through customer satisfaction on Grab online transportation, customer experience has an effect a positive impact on repurchase decisions through customer satisfaction on Grab online transportation. Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung nilai pelanggan dan pengalaman pelanggan terhadap keputusan pembelian ulang melalui kepusasan pelanggan pada transportasi online Grab di Sleman. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik survei menggunakan kuisioner. Hasil dari penelitian meliputi, nilai pelanggan  berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian ulang pada transportasi online Grab, pengalaman pelanggan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian ulang pada transportasi online Grab, nilai pelanggan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian ulang melalui kepuasan pelanggan pada transportasi online Grab, pengalaman pelanggan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian ulang melalui kepuasan pelanggan pada transportasi online Grab.
PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN BUDAYA KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT INDO PERDANA LLOYD BATAM Rinika, Vita; Rustam, Triana Ananda
JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). Vol 8, No 2 (2021): JMBI UNSRAT Volume 8 Nomor 2
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/jmbi.v8i2.34849

Abstract

Abstract: Human Resources are very important organizational assets, so their roles and functions cannot be replaced by other resources. This study aims to determine the effect of job satisfaction and work culture on employee performance. This research was conducted at PT Indo Perdana Lloyd Batam. The sample in this study amounted to 100 people who were taken using a saturated sampling technique.The data analysis method used in this research is data quality test, classical assumption test, influence test and hypothesis testing which will be assisted by the application of SPSS (Statistical Package For The Social Sciences) version 25. From this study it was found that the variable job satisfaction (X1) positive and significant effect on employee performance with a significant value of 0.008 (greater than 0.5) and the t-count value is 2.690 > t-table 1.973. The work culture variable (X2) has a positive and significant effect on employee performance with a significant value of 0.000 (greater than 0.5) and the t-count value is 2.690 > t-table 1.973. From the results of this study it was found that job satisfaction and work culture together have a significant influence on employee performance with the coefficient of determination (R2) is 32.1%.Abstrak: Sumber Daya Manusia merupakan aset organisasi yang sangat penting, sehingga peran dan fungsinya tidak dapat digantikan oleh sumber daya lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja dan budaya kerja terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini dilakukan di PT Indo Perdana Lloyd Batam. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh dan uji hipotesis yang akan dibantu dengan aplikasi SPSS ( Statistical Package For The Social Sciences) versi 25. Dari penelitian ini diketahui bahwa variabel kepuasan kerja (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai signifikansi 0,008 (lebih besar dari 0,5) dan nilai t-hitung sebesar 2,690 > t-tabel 1,973. Variabel budaya kerja (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai signifikansi 0,000 (lebih besar dari 0,5) dan nilai t-hitung 2,690 > t-tabel 1,973. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa kepuasan kerja dan budaya kerja secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 32,1%

Page 1 of 2 | Total Record : 18


Filter by Year

2021 2021